Tuesday, January 28, 2014

Kebaikan Buah Kiwi Untuk Anak

Kebaikan Buah Kiwi Untuk Anak

Buah kiwi merupakan buah yang banyak manfaatnya untuk anak. Diantaranya adalah menjaga Anak supaya terhindar dari penyakit asma yang sering membuat orang tua merasa khawatir jika asma sudah menyerang sang buah hati.
Kiwi adalah sejenis buah beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida antara ini dan spesies pada genus Actinidia. Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Cina. http://id.wikipedia.org/wiki/Buah_kiwi
Bagi orang tua, kehadiran seorang anak ditengah-tengah keluarga merupakan anugerah terindah. Senyumannya mungkin adalah obat pelipur lara Anda. Demikian pentingnya seorang anak, Anda pasti mau melakukan apapun untuk membuatnya berkembang dengan baik termasuk menjaga asupan nutrisi yang masuk dalam tubuhnya.
Berbicara mengenai asupan nutrisi, buah mungkin menjadi salah satu pilihan Anda untuk memenuhi kebutuhan gizi sang buah hati. Hal ini dikarenakan selain buah berasal dari alam, santapan tersebut juga kaya akan berbagai kandungan yang berguna untuk pertumbuhan si kecil. Salah satu buah yang dapat dimasukkan dalam menu makan anak adalah kiwi.
Buah ini berukuran kecil dan memiliki warna hijau atau kuning. Selain itu, kiwi memiliki banyak biji kecil berwarna hitam di dalamnya serta kulit berwarna cokelat kusam. Sebenarnya, buah ini dapat dimakan langsung bersama dengan kulitnya. Akan tetapi, karena tekstur kulit yang kasar, banyak orang memilih untuk mengupasnya terlebih dahulu. Secara umum, tampilan kiwi tidaklah menarik. Warna kulitnya yang kusam seringkali membuat anak tidak tertarik mengonsumsinya. Namun, dibalik kulitnya yang tak menarik, buah ini mengandung berbagai hal yang baik untuk kesehatan anak. Jika Anda memiliki persediaan kiwi di rumah atau berniat memasukkan buah ini dalam menu makanan si kecil, berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui.
Apa saja kandungan nutrisi dalam buah kiwi?
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Rutgers University, buah kiwi memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi manusia. Serat yang terkandung dalam kiwi dapat memenuhi sekitar 16% asupan nutrisi yang dianjurkan. Selain itu, kiwi juga mengandung phytonutrients yang berguna sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Kemudian, vitamin yang terdapat dalam kiwi antara lain asam folat, vitamin C, dan vitamin E. Ada juga kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan tembaga.
Apa saja manfaat buah kiwi bagi kesehatan anak?
Sebuah penelitian yang dilakukan di Italia, diterbitkan dalam the Thorax, an International Journal of Respiratory Medicine, menyatakan bahwa anak-anak yang diberikan 5-7 porsi buah kiwi memiliki risiko terkena asma lebih rendah hingga 44% dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi buah ini. Selain itu, dengan mengonsumsi kiwi, seorang anak akan memiliki rambut, kulit, gigi, dan kuku yang sehat karena buah ini memiliki kandungan zinc yang berguna untuk merawat kesehatan bagian-bagian tubuh tersebut. Yang lebih menarik adalah kiwi dapat memenuhi 6% kebutuhan magnesium sehari-hari. Dengan demikian, energi anak akan selalu terjaga dengan baik.
Apa yang telah diulas diatas adalah beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang manfaat yang terkandung dalam kiwi. Dengan mengetahui berbagai hal baik yang dimiliki, Anda tidak perlu ragu untuk memasukkan santapan ini ke dalam menu makanan sang buah hati. Anak bisa langsung memakan buah ini atau menjadikannya sebagai bagian dari salad yang lezat.

0 comments:

Post a Comment